Metoda showInputDialog() dari kelas JOptionPane mengembalikan nilai
yang telah diinput oleh pengguna aplikasi dalam bentuk tipe String. Jika
Anda memasukkan nilai numerik integer 243 ke kotak dialok input, metoda
showInputDialog() mengembalikan nilai tersebut dalam bentuk string
numerik integer “243”. String numerik ini tidak dapat digunakan dalam
operasi aritmatika. Agar operasi aritmatika dapat dieksekusi, nilai
string numerik terlebih dahulu harus dirubah (dikonversi) ke nilai
numerik.
Untuk mengkonversi string numerik integer ke tipe-tipe numerik integer, dapat digunakan metoda parseInt dari kelas Integer. Berikut ini adalah contoh pernyataan untuk mengkonversi string numerik integer ke tipe int.> int varInteger = Integer.parseInt(strVarInteger);
varInteger adalah variabel tipe int. Variabel ini digunakan untuk menerima nilai hasil konversi dari string numerik integer ke numerik integer. Integer adalah salah satu kelas Java. Kelas Integer mempunyai metoda parseInt yang digunakan untuk mengkonversi nilai string numerik integer ke nilai numerik integer. strVarInteger adalah variabel yang berisi nilai string numerik integer seperti “243”. Anda dapat merubah string numerik double ke numerik double dengan sintak penulisan seperti berikut ini:
double varDouble = Double.parseDouble(strVarDouble);
strVarDouble adalah variabel yang berisi nilai string numerik double seperti “243.45”. Sebagaimana data tipe int dan double, tipe data numerik lain seperti byte, short, long dan float masing-masing mempunyai kelas dan metoda yang bersesuaian untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik. Berikut ini adalah beberapa pernyataan yang digunakan untuk mengkonversi ke tipe-tipe numerik yang lain:
// Mengkonversi ke tipe byte
byte varByte = Byte.parseByte(strVarByte);
// Mengkonversi ke tipe short
short varShort = Short.parseShort(strVarShort);
// Mengkonversi ke tipe long
long varlong = Long.parseLong(strVarLong);
// Mengkonversi ke tipe float
float varFloat = Float.parseFloat(strVarFloat);
Kelas-kelas Java seperti Byte, Short, Integer, Long, Float dan Double juga sering disebut dengan numeric wrapper class. Numerik wrapper class tidak hanya berfungsi untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik, lebih dari itu, numeric wrapper class antara lain juga dapat digunakan untuk merubah tipe data numerik primitif ke bentuk obyek numerik atau sebaliknya. Numerik wrapper class terletak di paket java.lang. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua kelas Java yang terletak di paket java.lang secara otomatis sudah tersedia untuk digunakan di dalam program dan tidak perlu diimpor lagi menggunakan kata import.
Berikut ini adalah contoh program menghitung keliling lingkaran. Nilai jari-jari lingkaran yang digunakan di dalam program, diinput menggunakan kotak dialok input yang kemudian dikonversi ke tipe int.
Untuk mengkonversi string numerik integer ke tipe-tipe numerik integer, dapat digunakan metoda parseInt dari kelas Integer. Berikut ini adalah contoh pernyataan untuk mengkonversi string numerik integer ke tipe int.> int varInteger = Integer.parseInt(strVarInteger);
varInteger adalah variabel tipe int. Variabel ini digunakan untuk menerima nilai hasil konversi dari string numerik integer ke numerik integer. Integer adalah salah satu kelas Java. Kelas Integer mempunyai metoda parseInt yang digunakan untuk mengkonversi nilai string numerik integer ke nilai numerik integer. strVarInteger adalah variabel yang berisi nilai string numerik integer seperti “243”. Anda dapat merubah string numerik double ke numerik double dengan sintak penulisan seperti berikut ini:
double varDouble = Double.parseDouble(strVarDouble);
strVarDouble adalah variabel yang berisi nilai string numerik double seperti “243.45”. Sebagaimana data tipe int dan double, tipe data numerik lain seperti byte, short, long dan float masing-masing mempunyai kelas dan metoda yang bersesuaian untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik. Berikut ini adalah beberapa pernyataan yang digunakan untuk mengkonversi ke tipe-tipe numerik yang lain:
// Mengkonversi ke tipe byte
byte varByte = Byte.parseByte(strVarByte);
// Mengkonversi ke tipe short
short varShort = Short.parseShort(strVarShort);
// Mengkonversi ke tipe long
long varlong = Long.parseLong(strVarLong);
// Mengkonversi ke tipe float
float varFloat = Float.parseFloat(strVarFloat);
Kelas-kelas Java seperti Byte, Short, Integer, Long, Float dan Double juga sering disebut dengan numeric wrapper class. Numerik wrapper class tidak hanya berfungsi untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik, lebih dari itu, numeric wrapper class antara lain juga dapat digunakan untuk merubah tipe data numerik primitif ke bentuk obyek numerik atau sebaliknya. Numerik wrapper class terletak di paket java.lang. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, semua kelas Java yang terletak di paket java.lang secara otomatis sudah tersedia untuk digunakan di dalam program dan tidak perlu diimpor lagi menggunakan kata import.
Berikut ini adalah contoh program menghitung keliling lingkaran. Nilai jari-jari lingkaran yang digunakan di dalam program, diinput menggunakan kotak dialok input yang kemudian dikonversi ke tipe int.
Contoh Source Codenya:
// Nama file : KelilingLingkaran
// Menampilkan nilai keliling lingkaran di kotak dialok pesan
// dengan nilai variabel jari2 diinput melalui kotak dialok input
// Mengimpor kelas JOptionPane
import
javax.swing.JOptionPane;
public
class
KelilingLingkaran {
public
static
void
main(String[] args) {
// Deklarasi konstanta
final
double
PI =
3.14159
;
// Deklarasi variabel jari-jari dan luas lingkaran
int
jari2;
double
keliling;
String sJari2;
// Nilai variabel jari2 diinput melalui kotak dialok input
sJari2 = JOptionPane.showInputDialog(
null
,
"Masukkan jari-jari lingkaran\ndengan tipe data integer"
,
"Input Data Jari-jari"
, JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);
// Konversi tipe data String ke int
jari2 = Integer.parseInt(sJari2);
// Menghitung luas lingkaran
keliling =
2
* PI * jari2;
// Menampilkan hasil di kotak dialok pesan
JOptionPane.showMessageDialog(
null
,
"Jari-jari lingkaran = "
+
jari2 +
"\nKeliling lingkaran = "
+ keliling,
"Keliling Lingkaran"
,
JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
// Mengakhiri program yang menampilkan GUI
System.exit(
0
);
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar